Farmakoterapi obesitas

Obat ini dikonsumsi sekali sehari di pagi hari untuk mencegah efek insomnia dari phentermine. Kegagalan terapi Tidak ditemukan kegagalan terapi dalam kasus ini, sejauh follow up yang dilakukan oleh dokter pasien terus mengalami perkembangan peningkatan profil lipid.

Assassment Pasien mempunyai riwayat penyakit diabetes melitus tipe 2 dan hipertensi. Sehingga tujuan perawatan tidak hanya berfokus pada penurunan berat badan. Studi awal yang menggunakan statin untuk menurunkan kolesterol LDL menunjukkan penurunan laju PJK dan mortalitas total serta berkurangnya infark miokard, prosedur revaskularisasi, stroke, dan penyakit vaskular perifer Erwinanto dkk, Latihan fisik disesuaikan dengan tingkat perkembangan motorik, kemampuan fisik dan umurnya.

Penatalaksanaan Obesitas

Peningkatan sensitivitas insulin ini memungkinkan peningkatan penyerapan glukosa oleh jaringan. Ked Ibu hamil tidak lagi hanya bertanggungjawab terhadap diri sendiri dalam mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Glyburide dosis tidak dicantumkan digunakan untuk terapi diabetes pasien. Selain itu terdapat juga Hiperkolesterolemia defectif Apo B dan Poligenik hiperkolesterolemia.

Apabila asupan energi melebihi dari yang dibutuhkan, maka jaringan adiposa meningkat disertai dengan peningkatan kadar leptin dalam peredaran darah. Obat tanpa farmakoterapi obesitas Enam jenis obat yang digunakan glyburide, ramipril, hydrochlortiazide, fenofibrate, rusovostatin, dan metformin diindikasikan untuk mengobati mixed hyperlipidemia, diabetes melitus tipe 2, dan hipertensi.

Terapi Farmakologi untuk Obesitas

Target penurunan berat badan sebesar 2,5 — 5 kg atau dengan kecepatan 0,5 farmakoterapi obesitas 2 kg per bulan. Komplikasi Mikrovaskular Sulfonilurea terbukti menurunkan resiko komplikasi mikrovaskular pada penderita DM tipe 2.

Pada kondisi DM tipe 1 yang disertai penyakit akut, ketoasidosis atau keadaan resistensi insulin relatif membutuhkan dosis insulin yang lebih tinggi. Rusovostatin efektif menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dan merupakan terapi farmakoterapi obesitas untuk mayoritas pasien hiperlipidemik.

Kota, Sunil K. Efek sampingnya terutama berkenaan dengan sistem pencernaan seperti rasa kenyang, terbentuknya gas, dan konstipasi. Hal ini dikarenakan metode Roux-en-Y gastric by pass lebih mudah dilakukan dan dapat menghindari beberapa komplikasi setelah operasi.

Efek samping liraglutide adalah diare, dispepsia, rasa mual, hipoglisemia, pusing kepala, dan rasa lelah. Sibutramin dikenal efektif untuk mempertahankan penurunan berat badan. Efek samping dan kontraindikasi obat ini sama dengan phentermine.

Terapi Farmakologi 6. Dosis dan Cara Pemberian Metformin lepas cepat 2x mg segera setelah makan untuk meminimalisir efek samping gastrointestinal.

Bile acid sequestrant mengikat asam empedu bukan kolesterol di usus sehingga menghambat sirkulasi enterohepatik dari asam empedu dan meningkatkan perubahan kolesterol menjadi asam empedu di hati.

Klorpropamide dan gliburid berpotensi lebih besar menyebabkan terjadinya hipoglikemia. Selain itu, sibutramin juga meningkatkan pengeluaran energi dan mengurangi kecepatan metabolisme yang turun terkait penurunan berat badan.

Obat ini hanya boleh digunakan pada pasien yang sebelumnya telah gagal dengan pemberian obat tunggal lain dan penggunaannya harus merupakan bagian dari pendekatan terintegrasi penurunan berat badan di bawah pengawasan dokter yang berpengalaman Dipiro et al.

Sel busa merupakan awal pembentukan endapan lemak arteri, yang jika proses ini berlanjut terus akan memicu terjadinya angina, stroke, atau infark miokard Dipiro, et al. Interaksi Obat Simetidin dan metformin bersaing dalam hal ekskresi melalui ekskresi tubular sehingga berpotensi meningkatkan deposit metformin, dan kemungkinan berimplikasi pada terjadinya asidosis laktat.

Walaupun dokter tetap melakukan follow up terhadap pasien tersebut, analisis DRP tetap harus dilakukan untuk mencegah pasien mengalami kegagalan terapi dan kejadian DRP yang dapat merugikan pasien.

Atherosklerosis Ketidaknormalan kadar lemak dalam darah dapat menimbulkan masalah- masalah lain dalam jangka panjang, salah satunya yaitu resiko aterosklerosis penumpukan lemak pada pembuluh darah yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah dan penyakit ateri koroner atau penyakit ateri karotis meningkat pada orang yang memiliki kadar kolesterol total yang tinggi.

Sherwood, Lauralee.

FARMAKOTERAPI OBESITAS

Farmakokinetik Pioglitazon dan rosiglitazon diserap dengan baik dari saluran cerna dengan atau tanpa makanan. McGraw-Hill Education; Klasifikasi ini didasarkan pada perbedaan potensi relatif, perbedaan potensi efek samping, dan perbedaan dalam kemampuannya mengikat protein serum resiko pengikatan protein dan interaksi perpindahan obat.

Dosis harian metformin dapat dimulai dengan mg, dan setelah minggu ditingkatkan 2x mg hingga maksimum 3x mg.

Terapi Farmakologi Obesitas 1. Hal ini terjadi ketika aterosklerosis berada pada pembuluh darah di otak, sehingga darah kesulitan menyuplai oksigen dan glukosa ke otak yang menyebabkan terganggunya fungsi otak Christina dan Martini, Penyakit Paru-paru Obesitas dapat menyebabkan sindrom Pickwickian atau kombinasi antara obesitas dan kesulitan bernafas saat tidur dan infeksi saluran pernafasan Misnadirly, Reseptor GLP-1 juga ditemukan pada area otak yang mengatur nafsu makan.

Orang tua menyediakan diet yang seimbang, rendah kalori dan sesuai petunjuk ahli gizi.Farmakoterapi Gangguan Sistem Pencernaan dan Gangguan Nutrisi farmakoterapi obesitas Obesitas Farmakoterapi Gangguan Endokrin Farmakoterapi Terapi Infeksi Gofarana Wilar.

Riwayat keluarga (yaitu adanya orang tua atau saudara kandung yang mengidap DM) Obesitas (memiliki berat badan lebih dari 20% berat badan ideal, atau memiliki indeks massa tubuh lebih dari 25 Kg/m2).

Tingkat obesitas ditentukan oleh lamanya waktu ketidakseimbangan ini terjadi. Asupan energi dipengaruhi oleh pengaruh lingkungan, termasuk faktor sosial, perilaku, dan budaya sedangkan pengeluaran energi dipengaruhi oleh komposisi genetik dan metabolisme (Dipiro et al., ).

Farmakoterapi belum direkomendasikan untuk terapi obesitas pada anak, karena efek jangka panjang yang masih belum jelas. Terapi bedah di indikasikan bila berat badan lebih dari % BB Ideal. Obesitas merupakan ketidakseimbangan antara asupan energi dan pengeluaran energi dari waktu ke waktu, sehingga terjadi peningkatan penyimpanan energi maupun lemak.

Obesitas biasanya ditentukan dengan menggunakan indeks massa tubuh yang dihitung dari. Metformin Sebagai Farmakoterapi Obesitas. Sejak lama telah diketahui bahwa metformin sebagai golongan biguanide mempunyai efek menghambat produksi glukosa dihati, menurunkan absorbsi disaluran cerna dan meningkatkan sensitivitas insulin, Penelitian terbaik metformin pada pasien obesitas adalah penelitian.

Diabetes Prevention Program (DPP) yang menilai efek metformin .

Farmakoterapi obesitas
Rated 3/5 based on 66 review