Kuning telur kolesterol

Padahal, kandungan tersebut dapat membantu mencegah degenerasi makula terkait usia, yang menjadi salah satu penyebab utama kebutaan. Mengkonsumsi telur: Selain itu kandungan omega 3 pada kuning telur sangat bagus untuk kesehatan otak.

Tidak seperti yang terpikirkan oleh orang banyak kuning telur kolesterol ini, sampai ke pemikiran bahwa telur mampu membuat orang yang mengkonsumsinya mengalami benjolan nanah nantinya di suatu bagian tubuh tertentu. Orang Jepang, yang kebanyakan mengonsumsi telur dalam jumlah besar rata-rata telur perorang setiap tahunkadar kolesterolnya justru rendah.

Meski kandungan kolesterol yang ada di dalam telur tergolong cukup tinggi yakni sekitar mg ke atas namun kolesterol yang terdapat di dalam makanan alami ini tidak terlalu berbahaya. Di sisi lain, tubuh memang membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu. Orang yang vegetarian cenderung hanya menyukai dan memakan sayuran dan tidak suka memakan makanan berbau hewani termasuk daging, ikan dan telur, meskipun tidak bisa dipungkiri juga bahwa ada sebagian orang yang vegetarian yang menyukai telur.

Di dalam kuning telur terdapat mg kolesterol di setiap butirnya. Sesekali dalam sebulan boleh makan 1 butir kuning telurnya saja. Seorang ahli diet dan olahraga Allison Koch mengatakan, kebanyakan orang beranggapan kuning telur meningkatkan kadar kolesterol darah. Sebutir telur yang terdiri dari putih dan kuning telur mengandung vitamin B, asam lemak omega 3, B6, B12, folat dan kolin, yang semuanya bermanfaat dalam melindungi jantung.

Jadi, jika kadar kolesterol tinggi maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum Anda memutuskan untuk memasukkan kuning telur dalam diet Anda.

Meski kandungan kolesterol dalam telur cukup tinggi miligram dan di antaranya berada di kuning telurtetapi kandungan lemak jenuhnya rendah 1,6 gram di kuning telur. Faktor yang paling penting dan perlu diperhatikan adalah kandungan gizi yang dimiliki oleh bahan tersebut.

Jawabannya adalah dua-duanya, karena pada kuning telur terkandung kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Namun benarkah kuning telur mengandung kolesterol tinggi?

Kuning Telur Mengandung Kolesterol Tinggi, Mitos atau Fakta?

Telur ayam merupakan salah satu sumber protein tinggi yang bisa didapatkan dengan relatif terjangkau di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Mungkin sebagian orang bertanya mengenai fakta seputar kuning telur dapat menyebabkan kolesterol darah naik dan bahkan mungkin menjadi sumber penyebab penyakit kolesterol.

Selain itu, konsumsi lemak sehat juga telah dikaitkan peningkatan kadar kolesterol baik dan penurunan kolesterol jahat dalam darah. Demi mencegah terjadinya penambahan jumlah penderita kolesterol tinggi, berbagai upaya lalu dilakukan.

Apakah Kuning Telur Dapat Menyebabkan Kolesterol Tinggi dan Timbulnya Jerawat?

Padahal mengonsumsi satu telur per hari tidak ditemukan adanya dampak yang substansial terhadap risiko penyakit jantung koroner atau stroke pada pria dan wanita sehat. Kesimpulan dari penjelasan diatas mengenai kuning telur ini adalah, jika Anda adalah orang yang normal, artinya tidak mempunyai riwayat penyakit atau tidak sedang menderita kolesterol tinggi, Mengkonsumi telur beserta kuningnya tidak akan menjadi masalah dan kuning telur bukanlah suatu pantangan yang harus dihindari, dan tidak akan menyebabkan penyakit kolesterol juga selama diimbangi dengan gizi yang seimbang.

Siapa yang tidak pernah mengkonsumsi telur ayam dalam hidupnya. Jumlah penderita penyakit jantung juga lebih rendah dibanding dengan penduduk di negara maju lainnya.

Namun situasi menjadi berbeda jika Anda memiliki riwayat gangguan terhadap metabolisme tubuh seperti kolesterol, diabetes dan alergi, meskipun telur sangat baik untuk dikonsumsi dengan banyak kandungan gizi yang terdapat pada telur, maka telur bisa menjadi salah satu makanan yang harus dihindari.

Terutama bagi anak-anak yang masih berada dalam masa pertumbuhan. Yang lebih hebat lagi, kuning telur mengandung kolin yang dipercaya mampu mengurangi risiko cacat saraf pada janin.

Kuning telur memiliki kandungan asam omega 3 yang berperan untuk membantu pertumbuhan beberapa organ yang ada di dalam tubuh.

Manfaat Kuning Telur untuk Tubuh kita

Selain nutrisi tadi, dalam satu butir telur juga mengandung cukup banyak vitamin A, vitamin E, asam folat, biotin, dan kolin.Karena kuning telur mengandung kolesterol jahat maka cukup konsumsi telur cukup sebanyak 2 kali dalam sehari masih diperbolehkan.

Lemak dan kolesterol di dalam telur puyuh mengandung 16,05±0,63 mg/g kolesterol dan apabila dibandingkan dengan telur ayam hanya 7,65±0,28 mg/g. Telur bebek merupakan jenis telur yang memiliki cangkang berwarna kebiruan dan memiliki cangkang luar yang lebih kuat dibandingkan dengan daging ayam.

Selain itu, telur bebek juga memiliki kuning telur yang lebih besar sehingga sering kali dijadikan sebagai telur asin. Perlu diketahui bahwa mengkonsumsi telur yang satu ini tidak boleh berlebihan.

Dengan mengkonsumsi telur besarta kuningnya, maka yang akan terjadi adalah bukan hanya kolesterol jahat yang meningkat, kolesterol baik pun ikut meningkat, sehingga menjadi robadarocker.com: Rida. Namun para peneliti memastikan bahwa kolesterol dalam makanan bukanlah satu-satunya penyebab penyakit jantung.

Menurut peneliti, lemak trans yang terkandung dalam minyak goreng lebih berbahaya bagi jantung, dibandingkan kolesterol pada kuning robadarocker.com: Ririn Indriani. Telur, jelas Neelanjana, merupakan makanan kaya protein dengan kualitas yang sangat baik dan tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

"Mengonsumsi satu telur dalam sehari adalah penting. Apalagi banyak dari kita yang kekurangan protein," kata dia dikutip Times of India, Sabtu (27/6/).Author: Aditya Eka Prawira.

Selama beberapa dekade, kadar kolesterol darah yang tinggi telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan serangan jantung yang lebih tinggi.

Kuning telur kolesterol
Rated 0/5 based on 80 review