Metabolisme lemak dalam tubuh pdf

Saar dibutuhkam,timbunan lemak tersenit akan diangkut menuju hati. Kadar kilomikron meningkat jam setelah makan. Dalam keadaan lapar yang paling berperan sebagai sumber energi adalah lemak, lemak lebih banyak diubah menjadi asam lemak dan gliserol untuk pemenuhan kebutuhan energi, protein hanya sedikit diubah menjadi asam amino untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Hasil pencernaan lipid ialah asam lemak dan gliserol selain itu juga ada yang masih berupa monogliserid. Pencernaan lemak terutama terjadi dalam usus, karena dalam mulut dan lambung tidak terdapat enzim lipase yang tidak dapat menghidrolisis lemak.

Diunduh pada tanggal http: Sfingolipid yang merupakan kelas ketiga juga merupakan komponen membran. Ketiga langkah reaksi selanjutnya, yaitu reduksi dari ggus 3-keto penglepasan air dn reduksi yang diperbaharui, menghasilkan suatu asam lemak dengan 4 atom C.

Asetil koenzim A akan diubah menjadi asam lemak. Pelepasan kedua hormon ini dipengaruhi oleh keasaman muatan usus.

Lipoprotein Lipoprotein merupakan gabungan antara lipid dengan protein. Lemak ditemukan banyak sel dalam bentuk butir-butir lemak kecil. Dalam sel eukariot, degradasi protein katabolisme terjadi dalam dua tahap. Gambar 9. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu ke dalam duodenum usus dua belaas jari.

Asam lemak jenuh saturated fatty acidAsam lemak ini tidak memiliki ikatan rangkap 2. Waktu mengalir melaui ekseptor-akseptornya, elektron ini melepaskan energinya. Pengertian Katabolisme Dan Contohnya Pdf Protein dan Karbohidrat dapat diubah Menjadi Lemak Telah diketahui bahwa protein, lemak, dan karbohidrat dapat saling mengisi sebagai bahan penghasil energi tubuh.

metabolisme lemak

Lemak dan minyak keduanya merupakan trigliserida. Asam-asam lemak rantai pendek juga dapat melalui jalur ini.

Penyusun siap menerima kritik dan saran yang diberikan.

Metabolisme Protein dalam Tubuh

Contoh penting dari lipid kompleks adalah lipoprotein dan glikolipid. Sfingolipid Sifongolipid adalah fosfolipid yang tidak diturunkan dari lemak. Degradasi molekul dalam proses metabolisme dibagi dalam tiga tahap. Keadaan ini dapat menyebabkan kematian. Dalam sel mukosal, asam lemak bebas monoasil gliserol disintesis kembali menjadi triasil gliserol yang setelah bergabung dengan albumin, kolesterol, dan lain-lain membentuk siklomikron.

Sebagai pelindung alat-alat tubuh vital antara lain jantung dan lambung ,yaitu sebagai bantalan lemak 4. Darimana saja sumber lemak? Ini harus tersedia dari glukosa. Metabolisme merupakan semua reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh organisme termasuk di tingkat selular untuk mempertahankan kelangsungan hidup.

Trigliserida dan ester kolesterol bersatu diselubungi oleh protein menjadi kilomikron. Proses metabolisme yang telah dibicarakan sebelumnya, baik reaksi katabolisme maupun reaksi anabolisme merupakan proses yang berlangsung serempak.

Tempat penyimpanan utama asam lemak adalah jaringan adiposa. Urea disintesis melalui daur urea. Jika kloroplast mendapat cahaya, maka electron dari klorofil pada kedua fotosistem akan tereksitasi. Polisakarida dihidrolisis menjadi monosakarida, protein dihidrolisis menjadi asam amino dan lemak sebagai sumber utama lipid dihidrolisis menjadi asam lemak dan gliserol.

Metabolisme : Pengertian, Fungsi, Jenis, Proses

Dalam oksidasi beta, asam lemak masuk ke dalam rangkaian siklus dengan 5 tahapan proses dan pada setiap proses, diangkat 2 atom C dengan hasil akhir berupa asetil KoA. Bagian polar berada di sisi luar, sedangkan bagian non polar berada di sisi dalam Sebagian besar asam lemak dan monogliserida karena tidak larut dalam air, maka diangkut oleh miselus dalam bentuk besar disebut emulsi dan dilepaskan ke dalam sel epitel usus enterosit.Metabolisme lipid di dalam tubuh merupakan perkiraan hak istimewa hati.

Jaringan mempunyai kemampuan untuk mengoksidasi asam lemak sampai tuntas. Jaringan adiposa memiliki sifat metabolisme yang aktif untuk memodifikasi terhadap peranan hati yang bersifat sentral dan unit di dalam metabolisme lipid merupakan konsep yang penting.

bagian tubuh yang penting Berperan dalam transpor zat gizi Berperan dalam berbagai sekresi tubuh (enzim dan hormon) Melancarkan ekskresi sisa makanan Carrier (pembawa) vitamin larut dalam lemak.

Mengatur proses osmotik antar/dari berbagai cairan tubuh Komponen penyusun tubuh Fungsi lemak yang lain (sebagai pelumas di antara persendian.

Pengertian Metabolisme Lipid Serta Proses Maupun Fungsinya

Proses pencernaan lemak di dalam tubuh manusia sendiri berlangsung melalui tahapan yang cukup panjang dengan bantuan beberapa enzim pencerna lemak yang diproduksi oleh organ-organ pencernaan. Simak bagaimana proses pencernaan lemak di dalam tubuh dan bagaimana organ-organ pencernaan bekerja dalam melakukan penyerapan lemak berikut ini.

Asam lemak omega-6 •Dikenal juga sebagai asam lemak linoleat, terdapat di sayuran, minyak kacang seperti biji bunga matahari, bunga saf, jagung, kedelai dan kacang tanah. Asam lenoleat dimetabolis di dalam tubuh menjadi asam arachidonic, yang merupakan prekusor pada sejumlah eicosanoids.

Asam lemak. II.1 Metabolisme lemak Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak sebagai cadangan energi (Guyton, ). Lemak yang terdapat dalam makanan akan diuraikan menjadi kolesterol, trigliserida, fosfolipid dan asam.

trimakasih dok atas ilmunya, ada dua pertanyaan yg ingin saya ajukan, 1. apakah metabolisme lemak di atas sama juga pada hewan; 2. apakah kolesterol dalam tubuh hewan, bila dikonsumsi oleh manusia akan langsung menjadi kolesterol dlm tubuh manusia?

Author: Dr. Suparyanto, robadarocker.com

Bab 2 Metabolisme (XII)
Metabolisme lemak dalam tubuh pdf
Rated 3/5 based on 73 review